Megawati ke Jenderal TNI-Polri: Urus Anak Buah, Jangan Mati Terlantar

21, May 2023 • TNI AD
thumbnail

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meminta para pemimpinan TNI dan Polri untuk memperhatikan dan mengurus anak buahnya agar tak mati terlantar.
Hal ini disampaikan Megawati saat memberikan sambutan dalam acara Peluncuran Buku dalam Rangka Hari Jadi ke-58 Lemhannas RI Tahun 2023, Sabtu (20/5).

Di hadapan para pejabat dan peserta didik Lemhanas dari unsur TNI/ Polri, Megawati awalnya mengingatkan soal perjuangan para pendiri bangsa. Mulai dari Bung Karno, Bung Hatta, Sutan Sjahrir, hingga Bung Tomo.

"Bahwa kalau kita berada di dalam zona nyaman saja. Apa zona nyaman? Ya seperti sekarang. Kita duduk enak-enak, kita tidak pikirkan orang lain," ucap Megawati.

Megawati lantas menyoroti soal fenomena hubungan antara atasan dengan pimpinan di TNI dan Polri dan TNI. Menurutnya, seorang pimpinan sudah semestinya memperhatikan bawahannya.

Megawati turut menyinggung semasa dirinya menjadi panglima tertinggi negara kala menjabat sebagai presiden Indonesia.

Sewaktu itu, kata Megawati, pangkat, bintang, dan medali itu ditempelkan di baju kebesaran yang menjadi simbol sebagai pimpinan.

"Saya ngomong begini supaya inget juga. Eling. Kalian bisa begitu (dihormati sebagai pemimpin) karena siapa? Karena ada anak buah. Tolong benar-benar anak buah diurus. Anak buah itu diurus banget. Karena apa? Kalau enggak ada yang ngomong siap ndan, siap ndan. Ya kayak gini aja jadinya," ujar Megawati.

"Polisi juga. Kalau sudah jadi jenderal, anak buahnya itu diurus. Jangan sampai mati keleleran. Saya selalu bilang mana ada jenderal yang mati di depan perang. Enggak ada. Yang ada anak buah," sambungnya.


Kategori