Viral Disebut Pesawat TNI Jatuh di Jakarta, TNI AU: Itu Aerobatik Lagi Latihan

28, Sep 2023 • TNI AU
thumbnail

Jakarta - Warga Ibu Kota dihebohkan oleh video di media sosial yang menampilkan sebuah pesawat tampak kehilangan tenaga dan terjun bebas saat mengudara. TNI Angkatan Udara (AU) mengatakan itu merupakan pesawat aerobatik sedang latihan di Jakarta.

"Jatuh pesawatnya tuh. Jatuh itu, eh jatuh pesawat noh. Wah jatuh noh. Serius, serius, nggak bohong. Ke sana-ke sana, meledak kali tuh. Jatuh, jatuh ke sana, noh noh noh. Jatuh beneran," ujar perekam dalam video yang diunggah di TikTok dan viral, seperti dilihat pada Rabu (27/9/2023).

Video tersebut diberi judul oleh pengunggahnya 'Detik-detik Pesawat Jatuh'. Dalam kolom keterangan, tertulis 'Detik-detik pesawat jatuh di Jakarta', dengan tagar pesawat jatuh dan musibah.

Faktanya, pesawat dalam video yang diunggah tersebut tak jatuh. Pesawat tersebut milik TNI Angkatan Udara (AU) dan disebut sedang latihan.

"Itu pesawat aerobatik TNI AU latihan di atas Monas tadi siang," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) R Agung Sasongkojati.

detikcom juga membagikan tautan unggahan di akun Instagram, yang dinarasikan 'benda asing di langit' oleh pengunggahnya. Pengunggah menyatakan benda asing itu terlihat di Bambu Apus, Cipayung.

Dalam rekaman video, tampak sebuah benda mengeluarkan api terbang di langit. "Benda asing tampak terbang di kawasan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, sekira pukul 17:53 WIB, Rabu, 27/9/2023. Jakartans, ada yang lihat juga?" tulis pengunggah.

Video tersebut dilihat 60.065 kali. Menanggapi video tersebut, Marsma R Agung Sasongkojati menanggapi dengan jawaban yang sama.

"Itu pesawat aerobatik TNI AU latihan di atas Monas tadi siang," ucap dia lagi.

 

 

Sumber Jaya 21 Militer Distributor Perlengkapan Militer. Kami Menyediakan Seragam, Kaos, Sepatu, Topi, dan Lain-lain. Terima Pesanan Partai Besar, Kecil, dan Eceran.

Mari Belanja di Tempat Kami.

Kategori