Panglima TNI Bangga Prajuritnya Sukses Turunkan Bantuan di Gaza Lewat "Air Drop"

23, Apr 2024 • Umum
thumbnail

JAKARTA, Sumberjaya21militer.com - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengapresiasi kinerja TNI AU usai sukses mengirim bantuan kemanusiaan bagi warga yang terdampak konflik di Jalur Gaza, Palestina.

Apresiasi itu disampaikan Panglima Agus dalam sambutannya saat bertindak sebagai inspektur upacara (irup) perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI AU di Akademi Angkatan Udara (AAU), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (22/4/2024).

“Saya sangat bersyukur dan berbangga terhadap capaian prajurit TNI AU yang berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusian ke Palestina baru-baru ini,” ujar Agus dipantau dari YouTube Airmen TV TNI AU, Senin. Agus menyebutkan, bantuan kemanusiaan yang disalurkan melalui udara atau air drop itu akan meringankan beban warga Palestina.

Dalam operasi itu, TNI yang menggunakan pesawat C-130J Super Hercules tergabung bersama delapan negara lain. Misi tersebut bertajuk “Solidarity Path Operations”.

“Hal tersebut merupakan salah satu wujud pembuktian kemampuan TNI dalam interoperabilitas dengan militer negara lain, sekaligus keberhasilan kemampuan diplomasi kemanusiaan bangsa Indonesia khususnya TNI di percaturan internasional,” kata Panglima Agus.

Diketahui, bantuan kemanusiaan lewat udara itu disalurkan pada 9 April 2024 atau pada hari terakhir bulan Ramadhan.

Pesawat Indonesia tergabung dalam tim yang terdiri 15 pesawat dari sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat dan Perancis. Pesawat militer Yordania berada di posisi paling depan.

Beriringan, pesawat Indonesia di urutan ketiga. Indonesia bertugas menerjunkan bantuan (air drop) di Gaza. Metode itu dipilih dengan pertimbangan kemanan. Sebab, Jalur Gaza dinilai masih rawan untuk mendaratkan pesawat atau mengirim bantuan langsung melalui jalur darat.

 

 

Sumber Jaya 21 Militer Distributor Perlengkapan Militer. Kami Menyediakan Seragam, Kaos, Sepatu, Topi, dan Lain-lain. Terima Pesanan Partai Besar, Kecil, dan Eceran.

Mari Belanja di Tempat Kami.

Website:

Zeus x1000

Kategori