Jalan Tol Sadang-Kutanegara-Taman Mekar Dibuka Gratis untuk Mudik Lebaran

13, Apr 2023 • Umum
thumbnail

Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer siap dioperasikan pada musim mudik Lebaran 2023 ini. Jalan tol tersebut dioperasikan secara fungsional, pengguna jalan tidak dipungut tiket masuk tol alias gratis.

 

Direktur Utama (Dirut) PT Jasa Marga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra dalam keterangannya yang diterima di Purwakarta, Rabu, 12 April 2023, mengatakan jalur tersebut akan dioperasikan pada musim mudik Lebaran tahun ini untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas.

Menurut dia, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dibuka atas diskresi pihak kepolisian, dan hanya bisa dilewati oleh kendaraan golongan I non-bus dan non-truk dengan aturan kecepatan maksimum 40 kilometer per jam.

Charles menyebutkan pada musim mudik Lebaran tahun ini akan terdapat dua opsi rute yang dapat dipilih pengguna jalan. Rute pertama yaitu SS Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.

Charles menyampaikan, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan tidak dikenakan tarif alias gratis.

Namun, ia merinci, pengguna jalan tetap akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang.

 

Kategori