Diduga Terlibat Balap Liar, Polisi Amankan 28 Motor

26, Aug 2024 • Umum
thumbnail

sumberjaya21militer.com – Sebanyak 28 remaja di  Kota Tanjungpinang, Kepri ditangkap polisi pada Minggu (25/8) dinihari. Mereka ditangkap, lantaran nekat melakukan aksi balap liar di kawasan Jalan Basuki Rahmat.

Puluhan sepeda motor milik puluhan pelajar SMA dan SMP itu ditahan di Mapolresta  Tanjungpinang, Jalan Ahmad Yani Batu 5 atas. Sepeda motor itu rata-rata menggunakan knalpot brong dan tidak menggunakan plat nomor polisi.

“Ini hasil razia balap liar yang kerap dikeluhkan masyarakat. Mereka (pelaku) diamankan saat sedang balap liar dan sedang menonton,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polresta Tanjungpinang, AKP Syaiful Amri.

Dari hasil pemeriksaan, rata-rata remaja pelaku balap liar itu merupakan pelajar SMA dan SMP. Saat ini polisi belum bisa memastikan, apakah akasi balap liar tersebut terdapat adanya unsur taruhan atau tidak.

Selain itu, kata Syaiful puluhan remaja tersebut dikenakan sanksi tilang, sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan. Kendati demikian, polisi tetap akan memberikan efek jera.

“Efek jera, jadi kita upayakan waktu persidangan tilang yang mungkin tidak seperti pelanggar biasa. Balap liar ini memang fatalitas untuk membahayakan keselamatan pengendara yang lain,” tegasnya.

Ketika sudah menjalani persidangan dan membayar denda tilang, para pelaku balap liar itu harus melengkapi atau mengganti knalpot dari yang brong, menjadi standar.

“Mereka harus melengkapi, seperti pasang plat nomor atau mengganti knalpot standar sebelum mengambil motor,” sebutnya.

Syaiful menambahkan, orang tua pelajar pelaku balap liar itu akan dipanggil semua untuk diberikan edukasi, soal bahayanya melakukan aksi balap liar di jalan umum.

“Jadi kita minta jangan melakukan hal yang membahayakan, seperti melakukan balap liar. Karena membahayakan diri sendiri dan pengendara lain,” pungkasnya.

 

 

Sumber Jaya 21 Militer Distributor Perlengkapan Militer. Kami Menyediakan Seragam, Kaos, Sepatu, Topi, dan Lain-lain. Terima Pesanan Partai Besar, Kecil, dan Eceran.

Mari Belanja di Tempat Kami.

Kategori