Mahfud Rakor Bareng Panglima TNI-Kapolri, Bahas Stabilitas Pemilu 2024

29, May 2023 • TNI AD
thumbnail

Menko Polhukam Mahfud Md menggelar rapat koordinasi bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Rapat ini membahas sinergitas pemerintah dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan untuk menyukseskan Pemilu 2024.
Pantauan detikcom, rapat ini digelar di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Senin (29/5/2023). Mahfud beserta Sigit dan Yudo nampak sudah hadir di lokasi.

Selain Panglima TNI dan Kapolri, acara ini juga diikuti oleh para perwira tinggi kedua lembaga negara tersebut. Rapat koordinasi ini digelar secara terbuka.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya acara dilanjutkan pengarahan dari Mahfud Md selaku Menko Polhukam.

Mahfud langsung menjelaskan posisi TNI-Polri pada gelaran Pemilu 2024. Dia menyebut TNI-Polri ditujukkan untuk menerapkan politik hukum.

"Saya ingin mulai, di mana peran posisi TNI dan Polri di dalam keseluruhan masalah yang akan kita hadapi ini? Tentu kita sudah tahu secara konstitusional, tapi mari kita ambil beberapa hal," ucap Mahfud saat bicara dalam rakor.

"Kita punya tujuan negara sebagai landasan dan bingkai kerja kita, bingkai kerja TNI Polri, sehingga di sini dikatakan peran lembaga negara dan institusi-institusi pemerintah, termasuk TNI-Polri harus ditujukkan untuk menerapkan politik hukum. Politik hukum itu bukan politisasi hukum," lanjutnya.


Kategori