HUT TNI Ke-78 Dipusatkan Di Kawasan Monas

23, Sep 2023 • TNI
thumbnail

Jakarta,- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan peringatan HUT ke-78 TNI pada Oktober mendatang bakal dipusatkan di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

"Nanti akan saya laporkan Presiden, sementara kita siapkan di Monas, supaya masyarakat semua tau, ikut menikmati HUT TNI ini," kata Yudo di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (20/9).

Ia menjelaskan sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI bakal dipamerkan di Monas.

Yudo menyampaikan selain di Monas, peringatan HUT TNI secara serentak bakal digelar di seluruh wilayah.

"Kita selenggarakan secara serentak di seluruh wilayah nusantara, tapi terpusat mungkin di Monas, karena kalau di Istana kelihatannya kurang cukup untuk menempatkan alutsista," katanya.

Salah satu rangkaian HUT ke-78 TNI adalah gelaran Seminar Nasional bertema Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Tinjauan Strategi Pertahanan Nusantara.

Dalam seminar itu, TNI membahas soal penyusunan Strategi Pertahanan Nusantara (SPN).

Strategi Pertahanan Nusantara adalah strategi militer yang dibangun dengan memanfaatkan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

Strategi itu diharapkan mampu menjadi pertahanan negara yang melindungi seluruh wilayah negara dengan kekuatan yang menyeimbangkan dan menguatkan kekuatan pertahanan dalam menghadapi ancaman.

Yudo menjelaskan SPN adalah strategi yang memadukan Strategi Pulau Besar, Strategi Pertahanan Laut Nusantara dan Strategi Udara Kepulauan Nusantara.

"Strategi pertahanan Nusantara ini memadukan strategi dari ketiga matra yaitu Strategi Pertahanan Pulau Besar oleh Angkatan Darat, Strategi Pertahanan Laut Nusantara oleh TNI AL dan Strategi Udara Kepulauan Nusantara oleh TNI AU menjadi satu kesatuan strategi militer yang komprehensif dalam menjaga kedaulatan, integritas dan keutuhan," kata Yudo dalam seminar itu.

Peluang dua poros pasangan capres sebelumnya disampaikan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. Namun, Jazilul memastikan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan menjadi salah satu pasangan calon yang bertarung nanti.

"Saya melihatnya secara pribadi belum tentu ada tiga poros, bisa jadi dua poros, kita tunggu nanti," kata Jazilul di kompleks parlemen, Senin (18/9).

 

 

Sumber Jaya 21 Militer Distributor Perlengkapan Militer. Kami Menyediakan Seragam, Kaos, Sepatu, Topi, dan Lain-lain. Terima Pesanan Partai Besar, Kecil, dan Eceran.

Mari Belanja di Tempat Kami.

Kategori